Welcome in My Blog and Have Fun ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌ Thanks for your visiting

Kamis, 18 April 2013

Wanita dan Gosip



" Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk.  Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (Al Hujurat : 11)


Kebanyakan wanita lebih dekat dengan ghibah. Ketika wanita yang sedang berpuasa namun mereka berkumpul dan membicarakan orang lain maka mereka telah membatalkan puasa mereka secara cuma-cuma dan mengeluarkan darah dari mulut mereka di hari akhir nanti.

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.  Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang." (Al-Hujurat : 12)

Allah sangat melaknat orang yang bergosip dan bergosip adalah hal yang lebih berdosa dari pada memfitnah. Wanita yang menyebarkan gosip/berita dan yang menerima gosip/berita itu maka akan sama-sama mendapatkan dosa.


Setiap manusia memiliki kekurangan, maka kita harus saling menghormati masing-masing kekurangan yang kita miliki.
Barang siapa yang mengangkat derajat orang yang sedang digunjing diantara mereka, maka Allah akan menyelamatkannya dari api neraka. Seperti pada surat berikut.

"Mereka sangat suka mendengar berita-berita dusta, sangat suka memakan segala yang haram (rasuah dan sebagainya). Oleh itu kalau mereka datang kepadamu, maka hukumlah di antara mereka (dengan apa yang telah diterangkan oleh Allah) atau berpalinglah dari mereka dan kalau engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan dapat membahayakanmu sedikitpun dan jika engkau menghukum maka hukumlah di antara mereka dengan adil; kerana sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang berlaku adil." (Al-Maidah : 42)

1 komentar:

If you want to comment, please use the kind word. Keep your talk. it reflects who you really are