Welcome in My Blog and Have Fun ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌ Thanks for your visiting

Minggu, 05 Mei 2013

Keistimewaan Rumah Hewan



1. Keistimewaan Rumah Lebah

     

        Sarangnya yang berbentuk hexagonal. Dengan bentuk hexagon dapat mengandung lebih banyak madu dengan ruang yang sama dibandingkan persegi (bujur sangkar) atau segitiga. Juga diperlukan lebih sedikit bahan lilin untuk membangun hexagon. Bentuk-bentuk lain akan menimbulkan ruang-ruang sisa di antara sel yang akan terbuang.
 
Struktur Bangunan Gedung dengan Sarang Lebah adlah sebagai berikut :

 1. Sinosteel International Plaza (SIP) Tianjin, Cina


Gedung ini berlokasi di Tianjin--kota terbesar ke-3 di Cina daratan. Gedung setinggi 1174 kaki (setara 358 meter) ini disebut-sebut sebagai sarang lebah raksasa buatan manusia.

Selain sangat kuat, bentuk menara sarang lebah ini memiliki desain yang indah dipandang baik dari dalam bangunan maupun dari luar ruangan.

Kelebihan lainnya dari menara sarang lebah ini adalah terletak pada pengunaan ruang beserta efeknya terhadap angin serta cahaya matahari yang begitu sangat optimal.

Jadi hanya menggunakan rangka luar saja yang meniru bentuk sarang lebah. Artinya, seluruh bobot dari menara tersebut dibebankan pada rangka luarnya saja (konstruksi kaki-kakinya terdapat pada lapisan luar yang menyerupai bentuk sarang lebah).




2.   Institut Molecular Science di La Trobe University, Australia 

detail berita
Bangunan ini ditargetkan untuk dapat mencapai peringkat bintang 5 dalam ajang Green Building Council untuk Australias's Educational Tool.

Bangunan ini nantinya berfungsi untuk penelitian ilmu pengetahuan, bioteknologi, dan nanoteknologi molekuler. Selain itu juga akan menyediakan laboratorium baru yang dapat mengakomodasi lebih dari 400 peneliti dan juga auditorium untuk 180 kursi yang digunakan untuk mengajar dan kuliah umum.

Dilansir Inhabitat, Sabtu (30/3/2013) bangunan ini didesain oleh Arsitek Lyons yang berbasis di Melbourne. Biaya yang diperlukan untuk konstruksi gedung ini sebesar USD97 juta atau setara Rp940 milliar (Rp9.700 perUSD).

Gedung perkuliahan ini terdiri dari enam lantai persegi panjang dengan diselimuti fasad berbentuk sarang lebah yang bergelombang dengan dominasi warna-warni yang indah. Tiga dari keseluruhan fasad sarang lebah sengaja didesain lebih menonjol dengan kayu sebagai pelengkapnya. Fasad dari bangunan ini sebagian besar berkonsep terbuka untuk memberikan limpahan interior dengan cahaya alami.

Struktur dari gedung ini saling berintegrasi untuk menciptakan sebuah lingkungan belajar. Dengan daerah yang terbuka luas dan tersebar di seluruh lantai bawah, mendorong gedung baru ini untuk dapat berinteraksi dan memperkuat koneksi antar gedung. Tak lupa penggabungan ternologi yang terdepan dan berkelanjutan.

Seperti ayat berikut :

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin Manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan & tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi Manusia. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan". (An-Nahl : 68-69)



2. Keistimewaan Sarang Laba-Laba

     Sarang Laba-laba sangat kuat dan elastis daripada tali baja dengan ukuran yang sama. Ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan yang dinamakan Kevlar. Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar. Tetapi, benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar. Benang ini juga lebih tipis dari rambut manusia, lebih ringan dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia.

Spigot merupakan lubang pengeluaran kelenjar benang halus yang mensekresikan cairan yang mengandung protein elastic yang di udara akan membentuk benang halus yang disebut sebagai jaring laba-laba.


3. Keistimewaan Rumah Semut

Keistimewaan Sarang Semut terletak pada interaksi semut yang bersarang pada umbi yang  terdapat lorong-lorong didalamnya. Kestabilan suhu di dalamnya membuat koloni semut nyaman bersarang dalam tanaman ini. Untuk waktu lama telah terjadilah reaksi kimiawi secara alami antara senyawa yang dikeluarkan semut dengan zat yang terkandung di dalam Sarang Semut. Perpaduan ini diduga membuat Sarang Semut ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Sarang semut memerlukan sinar matahari. Dan telur-telur semut itu diletakkan di jalur yang paling ujung dan buntu, jadi jarang hewan ain yang akan mengganggu telur tersebut

Sumber :


Tidak ada komentar:

If you want to comment, please use the kind word. Keep your talk. it reflects who you really are