Welcome in My Blog and Have Fun ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌ Thanks for your visiting

Rabu, 19 Juni 2013

Bahaya Mengupil




     Mengupil adalah kegiatan yang biasa dilakukan setiap orang baik balita, muda, hingga tua., karen bagi sebagian orang kegiatan ini sangatlah mengasyikkan. Kegiatan yang tujuannya membersihkan rongga hidung dari upil-upil yang mengering ini, terkadang membuat kita lupa akan efek samping dari mengupil.

     Ada lima hal yang berbahaya jika kita sering melakukan kegiatan mengupil. Biasanya orang mulai melakukan aktivitas mengupilnya saat sedang santai, bengong atau mengisi waktu senggang. Berdasarkan survei peneliti dari Wisconsin, rata-rata mengupil dilakukan 4 kali sehari.

        Mengupil bisa menjadi aktivitas yang berguna sekaligus aktivitas yang tergolong jorok dan menjijikan bagi sebagian orang. Dengan mengupil, dapat membantu membersihkan hidung dari kotoran.
   
        Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk ke dalam lubang hidung dengan menggunakan jari (telunjuk dan kelingking biasanya).

         Upil yang ada di hidung terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa yang ada di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke lubang hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.


Berikut adalah alasan orang untuk mengupil :


1. Sedang santai / bengong


2. Untuk menghilangkan sekresi pada hidung


3. Menghilangkan iritasi


Berikut adalah akibat dari keseringan mengupil :


1. Pendarahan Di Rongga Hidung

Hal ini terjadi karena pelumas alami yang dibutuhkan rongga hidung agar tidak kering, habis. Namun, jika seseorang jarang mengupil, lendir yang ada pada rongga hidung itu bercampur dengan kotoran dan akan mengeras yang lema-kelamaan dapat menghambat pernapasan.


2. Merontokkan rambut hidung

Ketika mengupil secara konsisten dan terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Rambut yang berada pada rongga hidung tersebut gunanya untuk menyaring debu. Tanpa rambut hidung, semua jenis penyakit yang tersebar melalui udara dapat masuk dengan leluasa ke dalam tubuh.

3. Lapisan Dalam Rongga Hidung Lu
ka

Sebelum mengupil, ingat untuk mencuci tangan sebelum dan sesudahnya, jangan lupa memotong kuku agar rongga hidung tidak lecet.

4. Mudah terkena flu

Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

5. Infeksi

Dengan kondisi tangan yang kotor, kemudian mengupil dapat membuat virus flu gampang masuk ke hidung dan lebih mudah menyebar ke bagian tubuh yang lain.


6. Mimisan

Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.


7. Meninggal Dunia

Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha dan memaksa mengeluarkan upil yang besar dan keras. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

    Tidak ada komentar:

    If you want to comment, please use the kind word. Keep your talk. it reflects who you really are